Guru Sepuh

Selamat Datang di Blog Rita Mustika, "If you can't what you want, you must want what you can. Be grateful always"
Welcome to Rita Mustika's Blog

Wednesday, May 24, 2023

Workshop Wisata Digital Guru Kota Singkawang

 


Hari ini, Sabtu 20 Mei 2023 bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional bertempat di Resto Taman Teratai Singkawang telah dilaksanakan workshop Wisata Digital Guru yang digagas oleh IGI Kota Singkawang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Singkawang yang mengusung tema Sagusamed dan Sagupijar. 

Sagusamed ( Satu guru satu media  ) dan Sagupijar (Satu guru satu aplikasi belajar ) dalam hal ini adalah para peserta yang jumlahnya 100 orang dikenalkan, dibimbing untuk digitalisasi  yakni blog, disini para peserta diharapkan bisa membuat/ memperbaharui blog pribadi dengan bimbingan nara sumber hebat, seorang guru muda Andri Suwandi. Untuk melengkapi isi dari blog yang di buat para peserta juga mendapat bimbingan terkait dunia jurnalis yang disampaikan nara sumber hebat yakni bapak Suhendro. Tidak hanya sampai disitu para peserta juga dibekali dengan materi tentang bagaimana melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk generasi Alpha yakni dengan model instruksional ASSURE yang diampu oleh bapak Sigit Aprisama. Sungguh sebuah kegiatan yang luar biasa, peserta disuguhkan konten, proses, dan produk yang bervariasi, model instruksional untuk pembelajaran generasi Alpha didukung oleh bagaiman perkembangan manusia dalam bertahan hidup mulai dari zaman berburu hingga pada revolusi industri 4.0 dan revolusi sosial 5.0 yang berorientasi pada penggunaan tekhnologi tyakni AI, yang merupakan solusi bagi manusia untuk hidup lebih baik dan lebih pintar yang dijsampaikan dengan interaktif oleh ketua dewan pendidikan Kota Singkawang, bapak Helmi Fauzi. Yang kemudian dilanjutkan dengan penuh keseruan saat peserta belajar membuat Edu Game berbasis aplikasi Wordwall yang disampaikan nara sumber hebat bapak Trie Tiyawarman sebagai  upaya untuk memnuhi kebutuhan belajar murid yang sesuai dengan zamannya yakni generasi Alpha yang terpapar pada dunia internet dan AI, dan edugame ini juga dipublikasikan di blog pribadi guru.

Kegiatan workshop Wisata Digital Guru ini dibuka oleh bapak Safari Hamzah (Kabid GTK Disdikbud Kota Singkawang)yang dalam sambutannya mengingatkan bahwa seorang guru seharusnya menjadi pembelajar sejati, selalu haus informasi dan banyak membaca sebagai proses paling mendasar dalam menambah pengetahuan, dalam upaya mengisi otaknya yang kapasitas penyimpanannya jauh lebih besar dari memori super komputer tercanggih yang tersedia saat ini, bahkan seoarang jenius Albert Einstei hanya menggunakn sekita 10% dari otaknya.

Kegiatan workshop ini diadakan oleh IGI Kota Singkawang yang dalam laporannya Ketua IGI Kota Singkawang , bapak Alkindi menyampaikan bahwa pengurus IGI Kota Singkawang mendapt Support Money dari Pemerintah Kota Singkawang, sehingga para peserta free of charge mendaftar dan mengikuti kegiatan yang berpola in on in, dan akan ditindaklanjuti dengan lounching Pekan Raya IT se- Kalbar- 2023, hal ini ditegaskan oleh bapak Arnold Yakobus sebagai Wakil Ketrua IGI Wilayah Kalbar yang mewakili ketua IGI wilayah Kalbar bapak Mahrani yang berhalangan hadir di Kota Singkawang.

Setelah mengikuti kegian in, seterusnya peserta akan melaksanakan kegiatan on yakni menyelesaikan tugas worksop yaitu membuat artikel tentang kegiatan workshop dan artikel tentang kegiatan di sekolah ditambah dengan satu edu game sebagai produk dari workshop yang dilaksanakan.

Besar harapan bahwa guru- guru di kota Singkawang makin di depan dan terdepan dalam pengembangan diri terutama dalam menjawab tantang pada Penerapan Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada murid, murid, dan murid. maka guru harus bisa masuk ke dunia murid yang tidak terlepas dari digitalisai dan pemanfaatan AI.


                                                                                        Singkawang, Mei 2023


                                                                                        Rita Mustika, S.Pd.GR

Dokumen Pelengkap










0 comments:

Post a Comment